Lombok Sweet Escape - Gili Nanggu, Gili Tangkong, Narmada Water Palace, Narmada Botanic Garden

November 12, 2019

Sesuai janji saya akan mencoba menamatkan cerita perjalanan ke Lombok beberapa waktu lalu.  Kata orang save the best for the last, so here we go. Hampir seluruh destinasi di bawah ini adalah favorit saya.


1. Gili Nanggu


Gili Tangkong berada di Kabupaten Lombok Barat, kami harus menggunakan kapal nelayan dari Pantai Batu Kijuk untuk menyebrangi gili ini. Perjalanan ditempuh selama kurang lebih 15 menit saja untuk sampai di Gili Nanggu. Sesampainya disana kami langsung snorkelling, dari pantai Gili Nanggu ke area snorkelling bisa dicapai dengan berenang. Nah disinilah peran terpenting tour guide, mereka akan memastikan kita (yang tidak bisa berenang ini) tetap aman dan mengarahkan kita untuk menuju titiik snorkelling yang indah.

Pantai Batu Kijuk
Saat itu kami beruntung sekali bisa berjumpa dengan penyu dan school fish. Kami sampai tidak sadar sudah 3 jam terapung di laut, karena betah sekali melihat keindahan kehidupan bawah laut disana. Setelah puas snorkelling, kami meng-esxplore Gili Nanggu dan ternyata disini ada juga penginapan walaupun gili ini tidak seluas Gili Trawangan, kebanyakan yang menginap disini adalah tourist mancanegara.

Nanggu Beach


Baca juga: Lombok Sweet Escape Part 1


2. Gili Tangkong




Tak terasa waktu makan siang kami mundur, kami baru menyantap makan siang pukul 14.00 di Gili Tangkong. Kami tidak melihat penduduk yang menempati Gili ini, hanya ada tempat makan dan seorang  Ibu penjual kelapa muda. Kami menyantap makan siang yang sudah disediakan oleh bapak nelayan yang mengantarkan kami. Menunya adalah menu rumahan yang dibuat oleh istri nelayan tersebut, makanan yang dibawakan sangatlah nikmat sampai Saya tidak sempat mengambil dokumentasi tentang pulau ini.

Gili Tangkong masih sangat sepi, mungkin karena belum banyak wisatawan yang mengetahui keindahan Gili ini. Setelah selesai menyantap makan siang kami kembali ke Pantai Batu Kijuk untuk membilas dan berganti pakaian. Kami sempat menikmati buah mangga yang baru dipetik dari pohonnya. Saya baru tau kalau pohon mangga juga bisa tumbuh di pesisir pantai, bahkan buahnya sangan manis dan nikmat sekali.





Baca Juga : Wisata Kuliner Lombok

3. Lombok Islamic Center 

Lombok Islamic Center

Saat diajak ke Lombok Islamic Center saya dan teman-teman merasa kok biasa saja ya feel nya, tidak terlalu excited karena ya Lombok kan terkenal dengan panta nya yang indah, kenapa tour guide kami tidak mengajak kita lihat sunset di pantai saja? 

Setelah sampai di puncak menara masjid ini kami pun takjub, kami sudah merasakan melihat sunset di pantai atau bukit yang ada Lombok dan pengalaman menyaksikkan sunset dari atas menara ini adalah hal yang baru bagi kami. Ternyata pemandangan diatas menara masjid ini tidak kalah indahnya, ditambah angin sejuk yang berhembus membuat kami ingin berlama-lama eh tapi khawatir masuk angin hahaha. Setelah matahari tenggelam kami pun turun dan melaksanakan Shalat, tenang naik-turun nya menggunakan lift kok. 


Baca juga: Tips Mendapat Tiket Pesawat Murah ke Lombok

4. Narmada Water Palace & Narmada Botanic Garden

Hari terakhir kami di Lombok tidak banyak tempat yang bisa dikunjungi karena kami harus kembali ke Jakarta di sore harinya. Tempat pertama yang kami kunjungi adalah Narmada Water Palace yang terletak di kecamatan Narmada, Lombok Barat. Disini kami diceritakan mengenai sejarah terbentuknya tempat wisata ini. Narmada memiliki arti mata air, taman ini di buat sebagai bentuk replika dari gunung sebagai tempat umat hindu di Lombok beribadah. Taman ini cukup luas banyak sekali pengetahuan yang bisa kita peroleh dengan berkunjung kesini. Setelah puas mendokumentasikan pemandangan disana, kami beranjak ke Narmada Botanic Garden yang letaknya berdekatan dari Narmada water palace.

Narmada Water Palace

Kami sangat beruntung karena saat berkunjung kesana bunga-bunga sedang bermekaran . Saya pernah ke taman bunga matahari juga (tapi lupa dimana) dan ketika sampai bunganya sedang tidak mekar 😔, beruntungnya kali ini saya dan sahabat dapat melihat dan mendokumentasikan kecantikan bunga bunga disni. Sebenarnya tidak hanya bunga, tetapi banyak buah-buahan yang bisa kita petik sendiri, dan dinamakan kebun kejujuran. Kalau kita mengambil buah disana, kita harus membayarnya saat keluar dari tempat wisata ini.

Narmada Botanic Garden


Baca juga: Itinerary & Budget Lombok 4D3N


Perjalanan ini membuat saya semakin mencintai Indonesia karena keindahan alamnya, keragaman budaya, dan keramahan warganya. Kurang lebihnya begitulah kegiatan kami selama berlibur di Pulau Lombok selama 4 Hari 3 Malam. Walaupun terkendala sedikit saat menulis karena beberapa hari lalu saya merasa kurang fit, dan juga tidak mood untuk menulis (dasar aku!). Hmmm padahal komitmen nya sih tiap minggu minimal 1 artikel bisa saya publish. Dear teman-teman blogger, please ajari newbie ini bagaimana caranya supaya bisa tetap konsisten untuk menulis?


Terima kasih sudah mampir
_Isma_

You Might Also Like

37 komentar

  1. SEMANGAT dalam konsistensi bloggernya haniiiyyyyy

    ReplyDelete
  2. Kereeen Mba botanical gardennya hehe

    ReplyDelete
  3. Wah pantainya bersih banget. Gili nanggu favorit banget biapun belum pernah kesana 😁

    ReplyDelete
  4. pengen banget naik ke menara dan menikmati pemandangan sunset yang memanjakan mata. hemm kapan ya ?

    ReplyDelete
  5. wah cakep-cakep amat tempatnya, ini mah favorit semua mesti. gak ada yang gak favorit :D Oiya, gili itu artinya apa, mba? air atau pulau gitu barangkali?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe sebenernya arti gili udah aku jelaskan di Part 1 nya tp gpp, aku kasih tau lg kalau Gili itu artinya adalah Pulau :)

      Delete
  6. Waah kirain Lombok cuma ada pantai-pantai indah. Ternyata ada Narmada Botanical Garden yang indah juga ya.

    ReplyDelete
  7. Banyakin jalan-jalan, kayaknya, kak, biar bisa konsisten nulis. Hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ashyiaaap, nabungnya juga kudung kenceng nih kak :D

      Delete
  8. Wah liat sunset dari menara mesjid di Lombok.. masya Allah.. indahnya ya.. pas ke Lombok cuma lewatin aja mesjid raya..belum pernah mampir..ada botanical garden juga ya..keren bgt pas bunga mataharinya mekar..

    ReplyDelete
  9. Gak pernah bosan lihat kecantikan pesona alam Lombok, terutama Gili-Gilinya yang masih natural dan gak se-crowded dan hype Bali. Ahh aku cinta banget sama Lombok terutama makanannya. Semoga bisa kesana lagi dalam waktu dekat, pengen mengunjungi Gili Nanggu dan Narmada Botanic Garden.

    ReplyDelete
  10. Ya ampuuun berada di tengah-tengah bunga matahari raksasa itu menjadikan kita seperti liliput ya. Cantik sekali. Itu bunga mataharinya ada terus sepanjang tahun atau gimana mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah lupa nanya akutu. tapi sebulan setelah itu kata travel agent kami Kebun bunga matahari nya sudah gak ada. karna udah terlalu tua dan layu jadi lagi baru ditanami lagi.

      Delete
  11. Aiiiiih si kaka, aku abis baca ini langsung ngerasa kurang banget piknik ini haha. Pantainya ituloh cantiknya nggak ketulungan. Duh musti nabung ini biar bisa kesana heuu

    ReplyDelete
  12. Lombok memang cantik, apalagi pantainya. Saya dulu ke Lombok karena tugas kantor. Jadi lebih banyak jalan-jalan di sekitar Mataram saja. Pengin ke sana buat main dan snorkeling. Pasti seru.

    ReplyDelete
  13. Hai Isma, gara-gara baca rangkaian acara Isma selama di Lombok, saya jadi follow @lombokbingung lho. Soalnya waktu saya ke Lombok sampai 2 kali, nggak ada yang nawarin saya ke Gili Nanggru dan Gili Tangkong. Pernah sih ke Narmada, tapi rasanya tamannya biasa aja waktu itu, mungkin karena bukan waktunya musim bunga mekar.

    Isma beruntung sekali! Kayaknya saya kalo ke Lombok, jangan pas waktunya musim kemarau, supaya sempat lihat taman di Narmada yang bunganya warna-warni :)

    P.S Caranya konsisten ngeblog itu simpel. Jadwalkan ngeposting 1 bulan sekali. Kalo udah bisa posting 1 bulan sekali, persering jadi 2x sebulan. Lama-lama jadi 1x seminggu. Gitu terus, jadi konsisten kok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya lombok bingung asik bgt loh mba itinerary nya. terima kasih sarannya mba, iya nih mudah-mudahan semangat terus buat update nya.

      Delete
  14. Duuh..cantiknya Lombok..
    Oya mba, tulisannya bagus lho..yuk konsisten nulis minimal seminggu sekali..hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah, terima kasih kiriman semangatnya mba :)

      Delete
  15. Lombok juga dikenal sebagai Pulau Seribu Masjid, mbak. Mungkin itu sebabnya tour guide kamu membawa kalian ke Islamic Center. Menurutku bangunannya megah dan cakep!

    ReplyDelete
  16. Aku udah beberapakali ke lombok dan semua tempat memang selalu bikin kangen buat balik lagi. Gilinya memang banyak banget ya mbak, enak neh spot yang kamu datengin ini viewnya kece.

    ReplyDelete
  17. Waaa ... Saya suka banget bunga matahari!

    Kalau saya konsisten menulis caranya memang harus tetap berusaha rutin isi blog. Itu aja sih, Mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus dipaksa ya mba supaya biasa, lala lama jadi cinta hahaha

      Delete
  18. saya baru tau lho soal Gili Nangkong. Nice info. kalau soal tips ide Mbak Vicky di atas bemer tuh, saya nambahin, jangan lupa kalau menulis harus bikin happy. itu saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, memang harus dibawa happy kanrna sebenernya tujuan membuat blog ini supaya happy :D

      Delete
  19. Saya jadi kangen buat pulang lagi ke Lombok. Walaupun saya nggak mau pindah ke sana ya, tapi selamanya Lombok tetap istimewa buat saya yang lahir dan kecilnya di sana. Payahnya, Gili Nanggu saja masih masuk bicketlist saya. Sementara sepupu sepupu saya di sana, sudah heboh pamer soal keindahannya.

    ReplyDelete
  20. Lihat foto-fotonya jadi nostalgia dulu waktu ke Lombok, gak kebayang masuk islamic center, saya nyebut terus sangking kagumnya. ah.. semoga lain kali bisa kesana..

    ReplyDelete
  21. Pengen ke Lombok lagi. Waktu ke sana, Islamic Center belum jadi. Duh...dah lama banget. Gili² tuh banyak ya? Aku cuma ke 3 gili aja yg dari Senggigi.
    Btw...naksir topinya. Hihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba gili2 nya tuh banyak dan ada kuga yang belom se crowded Gili Trawangan. hehehe makasih, topi nya beli di sana saking gakuat sama panas matahari disana :D

      Delete
  22. Cuma taman Narmada saja yang pernah saya kunjungi dari daftar tempat yang ada di atas.

    Gile, 3 jam di atas laut. Nggak terbakar itu kulit?

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah gak sampe kebakar cuma menghitam aja kok hahaha dan gak balik balik lg warna kulitku sampe sekarang. tp puas sih, tetep happy walopun menghitam.

      Delete
  23. Entah kenapa rombongan BW kali ini artikelnya keren-keren banget termasuk yang satu ini. Saya beberapa kali juga ke Lombok tapi belum pernah ke Gili Nangkong apalagi ke Narmada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah nest time wajib ke gili tangkong dan narmada ya mba hehe

      Delete
  24. wahhh Lombok emang gak ada habisnya ya...udah lama nih gak ke Lombok..Pengen ke narmada..kayaknya asik...hehe

    dianesuryaman dot com

    ReplyDelete
  25. Duh, Lombok. Bikin kangen aja nih artikelnya sama Lombok.
    Cantik semuaaa.

    ReplyDelete
  26. Udah lama euy gak ke Lombok.. makin banyak nih destinasi yang wajib dikunjungi.. Pengen jelajah gili.. tapi banyak juga ya.. kayaknya seminggu gak cukup hehe

    ReplyDelete
  27. Waaa.. Aku save ya mbaakk, lumayan jadi panduan kalau mau ke sana nih, bagus2 banget pantai & botanic gardennya yaa. hehehe.. Thanks mbak

    ReplyDelete