8N10D South Korea, Part II

September 26, 2019

Okay karena Saya mau serius menekuni hobby ini, Saya ingin sekali bisa konsisten posting setiap minggu. Lanjut ya Guys, setelah Saya bercerita tentang hari pertama sampai ke tiga. Part II ini Saya akan ceritakan hari ke 4 dan ke 5 ya.

Sebelumnya, baca part 1 dulu dong 8N10D South Korea Part I

Day 4: Nami Island & Petite France

Nah karena kondisi cuaca yang sudah lumayan menghangat jadi Saya dan Mama memutuskan untuk mengunjungi Nami Island. Saya akan menjelaskan sedikit tentang Nami Island ini ya, jadi pulau yang berbentuk seperti setengah lingkaran (halfmoon) ini berada di tengah sungai yang ada di daerah Gangwon, South Korea. Jadi Namiseom ini tidak terletak di Seoul ya, agak sedikit jauh dari Seoul tapi cukup mudah untuk dijangkau. Kami berangkat cukup pagi kali ini, sekitar pukul 8 pagi sudah sampai di MRT station. Perlu beberapa kali transit dan naik KTX dan turun di stasiun Gapyong. Dari stasiun kita wajib beli tiket Bus untuk bisa menjangkau tempat wisata disana. Ada tiga tempat wisata yang bisa dikunjungi, yaitu Nami Island, Petite France, dan Garden of Morning Calm. Nah Tiket Bus ini adalah tiket terusan yang bisa digunakan untuk menjangkau tempat t

Tempat pertama yang kami kunjungi adalah Nami Island, dengan membeli tiket yang sudah termasuk naik kapal feri untuk berangkat dan juga pulang. Ada banyak film atau drama korea yang menggunakan Namiseom ini sebagai latar film nya, ya contohnya Winter Sonata. Hal pertama yang saya lihat saat sampai di sana adalah “Oh begini saja ya ternyata” mungkin karena Saya kesana saat awal musim semi, jadi tidak terlalu menarik. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke Namiseom adalah saat musim gugur (Autumn) saat dedaunannya berwarna merah, kuning dan jingga. 

Namiseom dikelilingi oleh sungai yang indah

Menunggu agar bisa foto tanpa banyak orang di frame agak syulit 🤣

Kami tidak ingin terlalu lama di Nami, agar masih sempat ke tempat wisata lainnya. Tapi kami masih sempat makan siang disana, tenang muslim traveler disana hampir semuanya halal certified kok. Saya masih ingat sekali bahwa harga makanan disana mahal banget! Jadi mungkin membawa bekal bisa jadi pertimbangan.

Saya dan Mama melanjutkan perjalanan ke Petite France, Saya fikir dengan naik bus pariwisata tersebut artinya dekat dari pelabuhan Namiseom itu namun ternyata tidak dekat haha tapi tidak bisa dibilang jauh juga sih. Sampai disana Saya cukup bingung, mau masuk atau tidak, karena harga tiketnya cukup mahal. Tapi akhirnya kami memutuskan tetap masuk, toh kapan lagi kan ada kesempatan di depan mata, uang kan bisa dicari lagi. Disana juga ada Puppet Show, dan banyak cewek cewek turis yang salah fokus karena oppa nya ganteng hehe. Tapi Saya lupa mendokumentasikan foto oppa oppa yang mempertunjukkan Puppet show tersebut.

Welcome to Petite France

Suasana sore hari di Petite France

Day 5: Bukchon Hanok Village & Gyongbokgung Palace 

Hari Ke lima ini Saya dan Mama mau mencoba pakaian tradisional orang Korea, yang disebut dengan Hanbok. Kami menyewa baju Hanbok dengan harga 15.000 KRW untuk 4 jam di salah satu toko yang khusus menyewakan baju tersebut di kawasan Buchon Hanok Village. Kawasan ini merupakan daerah tempat tinggal orang korea yang bagunannya masih dijaga tradisionalnya. Disini banyak sekali turis mancanegara yang berkunjung sambil berfoto dengan menggunakan Hanbok. Sebenarnya ini tempat wisata yang mainstream sekali tapi ya maklum namanya juga pergi sama emak emak ya, diajak foto-foto pake hanbok aja udah seneng banget doi. 

Tampak depan salah satu rumah tradisional Korea Selatan

Setelah puas berfoto dan berjalan-jalan di sekitar Bukchon Hanok Village, kami berjalan kaki menuju Gyongbokgung Palace. Jadi sebenarnya ada beberapa istana di Seoul, tetapi berhubung istana yang paling dekat dengan posisi kita saat itu adalah Gyongbokgung Palace. Nah untuk dapat masuk ke area istana ini para turis harus membeli tiket terlebih dahulu, tapiiiiiii ini nih yang istimewa, kalau turis menggunakan pakaian tradisional pada saat masuk ke istana maka tidak perlu membeli tiket karena hal ini merupakan bentuk penghargaan mereka terhadap budaya mereka sendiri. Siapapun boleh masuk ke dalam area Gyongbokgung Palace secara gratis apabila mengenakan pakaian tradisional Korea (Hanbok).

Sesaat setelah melewati gerbang istana

Sesaat sebelum keluar dari istana


Saat itu Saya dan Mama sangat beruntung karena bisa melihat upacara pergantian shift penjaga istana. Kalau saya tidak salah ingat upacara tersebut dilaksanakan pada pukul 14.00, upacara ini sangat ramai ditonton oleh turis.
Persiapan pergantian penjaga 
Upacara pergantian penjaga

Okay, sepertinya sudah cukup panjang cerita Saya kali ini, jadi Saya sudahi sampai disni, next Saya akan lanjutkan sampai hari kepulangan. (klik disini: 8N10D South Korea Part III untuk baca lanjutan ceritanya ya)



Thank you all....
_Isma_

You Might Also Like

19 komentar

  1. Noted nami island...ini juga lagi hits..yg pada ke Korea Selatan pasti ke sini... eh bener kan ya korsel... kalau korea utara kan yang komunis itu kan ya...

    ReplyDelete
  2. Kalo denger kata nami island saya langsung merasakan atmosfer romantis drama penuh cinta mba, hahaha
    bagus bagus banget angle potonya, ini beneran ngenvy sambil doa loh, semoga saya juga berkesempatan berkunjung ke Korea Selatan

    ReplyDelete
  3. Setiap sudut Korsel memang menarik. saya pernah ke sana beberapa tahun lalu untuk tugas kantor, sayang gak sempat jalan-jalan.

    Tapi korsel memang ngangenin suasananya. Apalagi bulan desember begini, cuacanya yg dingin bisa jadi sensani tersendiri :)

    ReplyDelete
  4. Lucu banget itu Petite France. Bangunannya ada penghuninya ga ya? Kayak rumah-rumahan. Aku belum pernah nih ke Korea Selatan. Belum ada yang ngajakin...haha..

    ReplyDelete
  5. Saya enjoy banget menikmati foto-foto Mba Isma, seperti dihipnotis untuk datang ke sana. Hehehe

    ReplyDelete
  6. Wah jadi pengen balik lagi nih ke Korea..seru pasti ya kalau backpakeran seperti ini..sy ke Korea modal hadiah dari menang lomba nulis jadi tinggal duduk manis..baca tulisan ini jadi pengen ngerasain backpakeran kyk gini..

    ReplyDelete
  7. Seru ihh jalan-jalannya, fotonya juga cakep. Jadi total berapa nih Mba biaya jalan-jalannya? Penasaran hehehe

    ReplyDelete
  8. Wah menarik sekali ya Korea. Sayang yah berkunjungnya bukan di musim semi dimana daun-daun berwarna kuning dan merah.

    ReplyDelete
  9. Seruuuu! Aku baru tau kalau masuk ke palace pakai baju hanbok ini malah ga bayar. Malah sekalian dapet feelnya jadi orang korea yaaa.

    ReplyDelete
  10. Salut banget dg apresiasi tinggi rakyat Korea dg budayanya ya Mbak Isma..sampe² kl pake hanbok digratisin masuknya. Makanya gak heran ya kdrama dan kpop merajai industri hiburan di dunia. Krn kiprah mereka disupport full ama pemerintahnya. Nice trip yahh Sis

    ReplyDelete
  11. masya Allah dream banget bisa menginjakkan kaki di Korea Selatan ini mbaa, duh semoga tahun berapa gitu deh aku bisa juga mengunjungi Korea Selatan ini dengan Nami Island yang cantiknya kebangetan ini haha

    ReplyDelete
  12. Wah liburan yang kece kak bisa ke Korea. Moga-moga next bisa ke Korea juga. Makasih info itinerary nya. Kerennn

    ReplyDelete
  13. Kalau denger nami island itu jadi inget drama korea yang winter sonata deh huehehe. Duh mba cakep banget yang pake hanboknya. Nyatu sama kerudungnya :)

    ReplyDelete
  14. Pas baca dan lihat foto upacara di depan istana itu, saya jadi teringat drama korea kolosal yang pernah saya tonton dulu. Apalah daya baru bisa nonton dramanya, mudah2an ada kesempatan di kemudian hari

    ReplyDelete
  15. Mbaakkk mana ni foto ama oppa oppa? Wahahaha. seneng bgt ni traveling ke Korea.

    pergantian penjaga berasa kayak liat prajurit mo maju perang ya Mb?

    ReplyDelete
  16. Kalau harga tiket masuk ke Palace berapa mbak? Lebih besar mana harga tiket dengan biaya sewa hanbok nya ya...
    Instana di sana bagus-bagus ya bangunannya, dan masih terawat dengan baik

    ReplyDelete
  17. Seru yaa jalan2 ke Korea, ketemu oppa2 yang ganteng2 gak mba? Apa penampakan cowok2nya kaya di film drakor? 😂

    ReplyDelete
  18. pemandangannya bagus bagus banget kak, terasa tenang dan damai gitu ngelihatnya. Tempatnya pun terlihat rapi dan bersih. Pasti nyaman tinggal disana.

    ReplyDelete
  19. Asli, catatan perjalanan yang sangat menarik. Tone fotonya juga bagus banget.
    Mupeng pengen ke Korea juga.

    ReplyDelete